Manfaat Cek Merek dan Mendaftarkan Merek Dagang

0 18

Di dunia usaha, cek merek dagang ialah bintang spesial yang gerakkan roda usaha kesemuaannya. Cek Merek dagang melambangkan originalitas produk yang dibikin sampai hal tersebut memegang peranan penting dalam proses pemasaran produk dari produsen ke konsumen.

Dari pertimbangan hukum, cek merek dagang masuk di katagori hak kekayaan intelektual yang dapat didaftarkan secara resmi melalui Ditjen Hak Kekayaan Intelektual yang berada di bawah naungan Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia.

Lantas apa keuntungan dari mendaftarkan merek dagang perusahaan Anda ke instansi itu?

Memperoleh Perlindungan Hukum

Keuntungan yang paling besar dari mendaftarkan merek dagang adalah jaminan perlindungan hukum atas hak-hak Anda pemilik merek dagang. Ini dengan jelas telah diatur dalam undang-undang terkait hak cipta tahun 2002 yang diputuskan langsung oleh Presiden.

Perlindungan ini ialah senjata spesial membuat pelindungan originalitas perusahaan yang lagi Anda bangun. Jadi, jika satu waktu ada usaha plagiat yang ditangani oleh kompetitor pada produk Anda, mereka dapat diseret ke meja hijau untuk bertanggungjawab perbuatannya.

Menggunting Risiko Tindakan Jiplakan

Tidak bias dipungkiri, perubahan teknologi informasi saat ini turut menyebabkan peningkatan angka jiplakan dalam berbagai bidang, diawali pada akademis sampai usaha.
Jika sudah didaftarkan, merek dagang Anda akan dipandang oleh pemerintah sampai usaha branding perusahaan akan semakin mudah dan aman dari tindakan jiplakan yang memungkinkannya ditangani oleh beberapa kompetitor.

Selain itu, undang-undang jamin pemerintah akan membuat pelindungan Anda dari pihak lainnya usaha tawarkan produk dengan merek yang bisa bikin pusing konsumen.

Tambahkan Nilai Asset

Branding ialah diantaranya asset terbesar satu perusahaan. Bahkan waktu perusahaan itu diterpa gawat dan hampir gulung tikar, branding jadi penyelamat yang mengundang investor untuk datang memberi modal.

Nilai branding menjadi berharga bila merek dagang perusahaan Anda sudah resmi terdaftar di Ditjen Hak Kekayaan Intelektual. Sebab tanpa pengakuan dari pemerintah, merek dagang yang Anda gunakan dapat dipakai oleh asal-asalan pihak sampai nilai jualnya betul-betul tidak berharga.

Peluang Waralaba

Karena memiliki nilai terbatas atas penggunaan merek dagang, perusahaan yang sudah terdaftar dapat tingkatkan usahanya jadi usaha waralaba yang sekarang sedang tumbuh subur.

Hanya dengan modal merek dagang, Anda dapat menambah sumber pendapatan melalui model usaha ini. Dengan melejitnya type usaha waralaba dalam beberapa tahun ini, ini jelas akan memberi keuntungan Anda dari seluruh sisi, terutamanya secara keuangan.

Menjaga Kepercayaan Konsumen

Tiada status merek dagang yang jelas, usaha apa yang Anda lakukan dalam tawarkan produk akan sia-sia karena siapa dapat sontek produk Anda. Ini memungkinkannya berekor pada pengurangan citra perusahaan, apalagi jika produk jiplakan di pasar memiliki kualitas rendah yang tidak penuhi standar produksi perusahaan Anda.

Merek dagang yang sudah terdaftar akan membantu masyrakat memisah antara barang orisinal yang palsu, sekaligus mencirikan kualitas produk Anda ke konsumen.

Begitu beberapa manfaat yang dapat Anda peroleh di saat mendaftarkan merek dagang perusahaan secara resmi. Jika Anda ingin mendaftarkan merek dagang atau bahkan membuat badan hukum usaha, baik PT atau CV, kami sarankan ke Legalisasi.com saja.

Legalisasi.com terima service pendirian PT atau CV dengan waktu secara singkat dan harga yang bisa dicapai. Anda tidak perlu kembali lagi capek-capek mengurus sendiri hal pemberian ijin usaha Anda. Cukup beri ke Legalisasi.com semua akan berjalan lancar. Usaha berjalan, legalitas aman.

Hak paten dikasih untuk satu teknologi baru atau ide baru. Ada beberapa sedikit perbedaan pemahaman hak paten di setiap negara. Walaupun begitu, setiap pemahaman mempunyai kandung inspirasi yang sama, seperti “satu penemuan yang ada untuk faedah industri.”.

Berikut syarat untuk mendapatkan hak paten:

  • Ada untuk faedah industri (ada untuk rutinitas korporasi)
  • Baru (tak pernah disebarluaskan ke khalayak, misalnya lewat publikasi, seminar)
  • Memiliki langkah penemuan (penemuannya tidak mudah ditiru)
  • Ide first to file (hak paten diberi pada orang pertama yang mendaftarkannya, sebelum orang lainnya peluang membuat penemuan yang sama)
Leave A Reply

Your email address will not be published.