Ongkos Registrasi Paten dan konsultan hki terdaftar di Kantor DJKI

0 43

Bila Anda mempunyai satu produk baru, supaya tidak diklaim oleh beberapa orang yang tidak bertanggungjawab atau digandakan tiada setahu Anda, Anda dianjurkan untuk mendaftar Konsultan HKI terdaftar atau paten produk Anda itu ke Direktorat Jenderal Kekayaan Cendekiawan. Masalahnya walau harus bayar beberapa ongkos, tetapi akan bermanfaat untuk produk yang Anda menghasilkan untuk periode waktu di depan.

Paten sendiri adalah satu bentuk pelindungan hak kekayaan cendekiawan atau HKI. Paten ialah pelindungan HKI untuk kreasi cendekiawan yang memiliki sifat tehnologi, atau juga dikenal selaku invensi, dan memiliki kandungan perpecahan atau jalan keluar tehnis pada permasalahan yang ada pada tehnologi yang sudah ada awalnya.

Persyaratan Substantif Mendapatkan Paten

Untuk dapat memperoleh paten, satu invensi atau produk harus penuhi syarat substantif, salah satunya:

  • Baru, yang bermakna satu invensi jangan telah disingkap/diterbitkan dalam medium mana juga (paten/non paten, nasional/internasional) saat sebelum permintaan paten disodorkan dan mendapatkan Tanggal Akseptasi. Bila satu invensi disodorkan permintaannya dan mendapatkan Tanggal Akseptasi tanggal 2 Januari 2020, karena itu publisitas mengenai invensi itu pada tanggal 1 Januari 2020 akan gagalkan invensi itu untuk memperoleh paten sebab tidak akan baru.
  • Memiliki kandungan cara inventif, yang tujuannya paten cuman akan diberi untuk invensi yang tidak bisa diperhitungkan, atau mungkin tidak obvious, untuk orang yang mempunyai ketrampilan di bagian berkaitan (individu skilled in the art).
  • Bisa diaplikasikan secara industri, yang bermakna satu invensi harus bisa dikerjakan berkali-kali dengan masih hasilkan peranan yang stabil dan tidak beralih-alih. Formulasi penangkal flu dengan formasi air perasan satu jeruk nipis diaduk bersama satu sendok teh madu saja tidak dapat digolongkan bisa diaplikasikan secara industri, tetapi harus dirinci lebih dulu formasi kimiawinya, sebab di antara jeruk nipis yang lain ukuran, varietas, atau asal tanam bisa hasilkan dampak atau manfaat yang lain.

Orang yang hasilkan satu invensi, baik sendirian atau sebagian orang bersama, disebutkan dengan arti inventor. Inventor berikut yang paling awal memiliki hak memperoleh hak paten atas invensi yang dibuatnya. Siapa saja di luar inventor yang pengin mempunyai hak paten atas invensi itu, harus lebih dulu mendapatkan peralihan hak secara tercatat dari si inventor.

Nah, satu invensi seharusnya dipatenkan dalam periode waktu secepat-cepatnya, sebab dalam paten berlaku konsep first to file, yang berarti paten cuman akan dikasih ke mereka yang pertamanya kali ajukan permintaan yang minimal telah diperlengkapi dengan persyaratan minimal mengajukan, hingga memiliki hak memperoleh Tanggal Akseptasi. Dengan begitu, paten memiliki sifat benar-benar time-sensitive hingga waktu mengajukan permintaan jadi factor yang paling penting.

Proses Mengajukan Hak Paten

Untuk dapat ajukan hak paten, menurut situs sah Direktorat Jenderal Kekayaan Cendekiawan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, pendaftar harus melalui proses-proses, yakni:

Pemohon isi formulir sekalian menyertakan seluruh kelengkapan permintaan.
Selanjutnya, verifikator akan lakukan kontrol kelengkapan permintaan dan memberi perintah bayar ke pemohon.
Pemohon bisa membayar beberapa ongkos lewat rekening bank yang dipilih dan memberi bukti pembayaran.
Lalu, pemohon memberikan formulir yang sudah diisi komplet, kelengkapan permintaan, dan bukti pembayaran dari bank ke petugas loket.
Sesudah beberapa tahapan ini, akan diolah selanjutnya sesuai ketetapan yang berjalan dalam ketentuan perundang-undangan semasing pemerintahan HKI sampai dikeluarkannya keputusan akhir.
Ongkos Permintaan Hak Paten dan konsultan hki terdaftar
Lalu, berapakah ongkos yang diperlukan untuk lakukan permintaan paten di Indonesia? Ternyata sampai tahun 2020 ongkos permintaan hak paten dan konsultan hki terdaftar masih merujuk pada ketentuan yang berjalan awalnya, yaitu PNBP Paten berdasar Ketentuan Pemerintahan No. 28 tahun 2019.

Leave A Reply

Your email address will not be published.